Jumat, 30 November 2012

Kebijakan Pemerintah


Perekonomian yang tidak sesuai dengan stakeholders akan menyebabkan berbagai permasalahan, diantaranya,
1.       Inflasi
2.       Pengangguran
3.       Difisit neraca pembayaran internasional
Apabila terjadi permasalahan seperti di atas, maka perlu tindakan/kebijakan dari pemerintah.
Kebijakan pemerintah adalah semua tindakan yang dilakukan pemerintah untuk mempengaruhi jalannya perekonomian.
Berdasarkan pengaruhnya terhadap perekonomian, kebijakan pemerintah dapat dibagi menjadi dua,
1.       Kebijakan Ekspansi (ekspansif), adalah kebijakan ekonomi makro yang bertujuan untuk memperbesar atau memperluas kegiatan ekonomi. (ex. subsidi pemerintah, dana BOS, suku bunga bank, dll)
2.       Kebijakan Kontraksi (kontraktif), adalah kebijakan ekonomi makro yang bertujuan untuk memperkecil kegiatan ekonomi. (biasanya dilakukan saat inflasi)
Berdasarkan sektor terpengaruh, kebijakan pemerintah dapat dibagi menjadi dua,
1.       Kebijakan Fiskal, adalah semua kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk mempengaruhi jalannya perekonomian dengan cara merubah instrument kebijakan fiscal
                         Þ          Instrumen Kebijakan Fiskal :
·    Pajak (utama)
·   Pengeluaran Konsumsi Pemerintah
·   Pembayaran Transfer Pemerintah

2.       Kebijakan Moneter, adalah semua kebijakan ang dilakukan pemerintah untuk mempengaruhi jalannya perekonomian dengan cara merubah jumlah uang beredar .
                             Þ            Instrumen Kebijakan Moneeter :
·         Kebijakan Kualitatif, adalah kebijakan yang berbentuk himbauan dari pemerintah kepada bank umum untuk melakukan suatu hal tertentu.
·         Kebijakan Kuantitatif, ada 3 instrumen,
o   Rediscount Rate Policy (Penetapan Politik Diskonto), adalah suatu kebijakan yang dilakukan pemerintah yang bertujuan mempengaruhi jumlah uang yang beredar dengan cara merubah tingkat diskonto atau tingkat bunga bank sentral kepada bank umum.
o   Reserve Requirement Policy (Penetapan Rsio Cadangan Minimum), adalah kebijakan pemerintah untuk merubah jumlah uang yang beredar dengan cara merubah rasio cadangan minimum yang diijinkan.
o   Open Market Operation (Operasi Pasar Terbuka), adalah kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk merubah jumlah uang yang berdera dengan cara menjual atau membeli surat berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar