Sabtu, 24 November 2012

Persamaan Dasar Akuntansi

Akuntansi diartikan sebagai sistem informasi yang mengidentifikasi, mencatat dan mengomunikasikan peristiwa ekonomi perusahaan kepada pemakai informasi. Pemakai informasi akuntansi dapat dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu :

     1. Internal
    • Direksi, untuk menentukan kebijakan yang akan diambil
    • Karyawan
     2. Eksternal
    • Pemerintah, yaitu untuk penentuan jumlah pajak
    • Bank/Kreditor, yaitu untuk mengetahui keadaan keuangan perusahaan, dengan mengetahui keuangannya, maka kreditor dapat menentukan apakah perlu memberi kredit atau tidak.
    • Lembaga Pendidikan, yaitu sarana pembelajaran, terutama di perguruan tinggi

Peritiwa ekonomi yang terjadi pada suatu perusahaan akan mempengaruhi keseimbangan aktiva dan pasiva pada perioden tertentu. Dalam akuntansi, konsep keseimbangan informasi keuangan dinamakan persamaan dasar akuntansi, yaitu suatu konsep dasar pencatatan akuntansi sistem berpasangan (double entry).

Persamaan akuntansi menunjukkan sumber aktiva yang dicatat pada sisi berseberangan dengan pencatatan pasiva. Persamaan akuntansi akan selalu menunjukkan keseimbangan antara pasiva dan pasiva.. Dengan konsep ini, dapat diketahui pengaruh posisi keuangan atas transaksi ekonomi suatu perusahaan pada periode tertentu.

Aktiva=Pasiva atau Aktiva=Utang+Modal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar